1.552 Lulusan Siap Bekerja, Bupati Harapkan UPTD LK Bangun Jejaring Informasi Tenaga Kerja

  • Whatsapp
banner 468x60

JURNALISPOS.ID, TANGERANG – Sebanyak 1.552 orang lulusan Unit Pelaksana Teknis Daerah Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang kini siap untuk bekerja, bahkan dari jumlah tersebut sebanyak 542 sudah terserap di dunia industri.

Pelatihan kerja di UPTD Latker Disnaker Kabupaten ini merupakan kegiatan untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Tangerang, terlebih pada masa pandemi COVID-19 ini.

Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun tersebut sudah memasuki sesi ketiga yang berlangsung pada hari Selasa (7/9/21) yang diikuti 130 peserta.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyatakan selama pandemi COVID-19 sudah 209 peserta dari 7 desa lolos pelatihan keterampilan menjahit sepatu, komputer, otomotif dan las, yang kemudian diserap oleh perusahaan di Kabupaten Tangerang.

“Pelatihan kerja ini bisa dijadikan solusi yang tepat untuk membangun jejaring informasi kebutuhan kompetensi tenaga kerja agar sesuai pasar kerja. Bahkan sebagian lulusan sudah melakukan wirausaha mandiri skala kecil dan menengah” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid berharap lulusan pelatihan kerja di UPTD Latker Disnaker Kabupaten Tangerang ini nantinya dapat mengisi tenaga kerja sesuai kompentensi yang dibutuhkan perusahaan.

“Ini efek domino COVID-19, banyak karyawan diberhentikan, usaha menengah dan kecil tutup. Dan dengan pelatihan kerja akan dapat diserap kembali oleh perusahaan,” ujarnya.

Diketahui, saat ini terdapat 20 perusahaan di Kabupaten Tangerang yang bergabung dalam Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dengan Industri (FKLPI). Forum ini dikukuhkan secara resmi oleh sekda Maesyal bersamaan dengan pelatihan kerja gelombang ketiga hari ini.

PT. Adis Dimension Footwear merupakan salah satu perusahaan yang sudah merasakan dampak manfaat latihan kerja tersebut. Direktur Human Capital PT Adis Nunung Riyanto mengatakan pihaknya telah menyerap sekitar 85 tenaga kerja lulusan UPTD Latker gelombang pertama.

“Kami berharap perusahaan lain juga ikut menyerap tenaga kerja dari lulusan pelatihan kerja ini,” harap Nunung. (Nean)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *