Anggota Kodim Madiun Laksanakan Garjas, Dandim : Fisik Yang Prima Menentukan Hasil Sidang UKP

  • Whatsapp
banner 468x60

JURNALISPOS.ID, MADIUN – Guna membentuk sikap postur prajurit yang handal dan profesional, TNI AD menerapkan Usul Kenaikan Pangkat (UKP) dengan nilai kelulusan kesegaran jasmani menurut kategori umur prajurit sebagai peryaratan untuk kenaikan pangkat.

Pada periode 1 Oktober 2021, sebanyak 33 orang anggota Kodim 0803/Madiun melaksanakan tes kesegaran jasmani (garjas) yang diselenggarakan oleh Jas Rem 081/Dsj dengan assessment dan pengawasan dari Jas Dam V/Brawijaya, bertempat di stadion Wilis kota Madiun, Selasa (25/5).

Pengecekan kesehatan yang meliputi pengecekan tensi, mengukur tinggi dan berat badan, serta pemeriksaan EKG untuk mengukur dan merekam aktivitas jantung dilakukan oleh tim kesehatan dari RS Tk.IV Madiun untuk mengetahui kondisi kesehatan peserta sebelum melaksanakan garjas UKP.

Hasil tes kesegaran jasmani ini nantinya akan dibawa dalam sidang pankar tingkat Kodam untuk bisa diusulkan kenaikan pangkat periode 1 Oktober 2021.

Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol Inf Edwin Charles mengatakan, tes kesegaran jasmani dilaksanakan untuk menentukan kelulusan prajurit dalam sidang UKP. Pelaksanaan garjas juga bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran sekaligus meningkatkan kemampuan kesemaptaan jasmani prajurit.

“Kondisi fisik yang prima akan menentukan hasil sidang UKP, dengan adanya garjas juga dapat diketahui sejauh mana pembinaan yang dilakukan oleh satuan, sekaligus sebagai bahan evaluasi,” jelas Dandim.

Lebih lanjut Dandim juga menghimbau kepada anggota untuk mengutamakan faktor keamanan dalam melaksanakan tes kesegaran jasmani.

“Laksanakan garjas ini dengan penuh semangat dan semaksimal mungkin, namun tetap utamakan faktor keamanan karena yang tau kondisi fisik adalah masing – masing perorangan,” pungkasnya.

Adapun materi dalam kesegaran jasmani tersebut antara lain melaksanakan tes kesegaran A yaitu lari dengan waktu 12 menit, kemudian tes kesegaran B meliputi : pull up, twis sit up, push up, lunges , shuttle run dan postur serta tes kesegaran C kemampuan renang militer dasar dengan jarak 50 meter. (Nean) 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *