Curah Hujan Tinggi, Danrem 081/DSJ Ingatkan Masyarakat Untuk Selalu Waspada

  • Whatsapp
banner 468x60

JURNALISPOS.ID, MADIUN – Curah hujan akhir-akhir ini sangat tinggi. Begitu pula di wilayah jajaran Korem 081/DSJ hampir setap harinya turun hujan yang cukup lebat.

Bahkan karena tinginya curah hujan seperti yang terjadi tadi malam di Magetan (12/12), hal itu mengakibatkan beberapa pemukiman terendam air dan banyak jalan protokol yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan bermotor.

Melihat kondisi tersebut, Danrem 081/DSJ, Kolonel Inf Waris Ari Nugroho, S.E., M.Si. mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada.

Sebagai langkah antisiapasi dan pencegahan, ia meminta mereka semakin sadar dalam menjaga lingkungannya, yang salah satunya dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Selain itu, dirinya juga menghimbau agar masyarakat dapat bergotong-royong untuk bersama-sama membersihkan lingkungan masing-masing, khususnya terhadap kebersihan sungai atau saluran air.

Karena ia menilai, di samping diakibatkan dari tingginya curah hujan yang turun, banjir yang terjadi juga seringkali diakibatkan dari adanya luapan sungai atau saluran air yang terhampat, yang dikarenakan terdapat banyaknya sampah yang membuat aliran air menjadi tidak lancar ataupun tersumbat.

Lebih lanjut sebagai langkah antisipasi, dirinya mengaku juga telah memerintahkan satuan di jajarannya untuk menyiapkan diri dan senantiasa bersinergi dengan berbagai instansi terkait lainnya dan para relawan.

“Bahkan hampir di seluruh Kodim juga telah melakukan apel gelar pasukan dan materiil dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam,” ungkap dalam rilis tertulisnya, Minggu (13/12/2020).

Selain menggelar kesiapan personel dan materiil, Danrem juga menjelaskan, jika dalam waktu dekat atau tepatnya besok akan melaksanakan latihan penanggulangan bencana alam, yang turut melibatkan berbagai instansi terkait, relawan dan masyarakat.

“Dengan digelarnya latihan tersebut, diharapkan semua yang terlibat akan benar-benar siap jika harus dihadapkan dengan kondisi yang sesungguhnya, meskipun kita semua berharap hal tersebut tidak akan terjadi,” pungkasnya.(hendra)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *