FIKOM UNIVERSITAS MERCU BUANA GELAR PENGABDIAN MASYARAKAT SECARA DARING

  • Whatsapp
banner 468x60

UNTUK UMKM PONDOK MELATI KOTA BEKASI

JURNALISPOS.ID-Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) secara daring dengan para pelaku bisnis, yaitu Komunitas UMKM dengan mengangkat tema Strategi Komunikasi Pemasaran, Digital Branding serta Pemanfaatan Media Sosial bagi UMKM Pondok Melati Bekasi.

Program ini terselenggara atas kerjasama antara Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana dan Komunitas UMKM Pondok Melati Bekasi. Acara ini juga merupakan wujud implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian pada Masyarakat yang wajib dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa di Perguruan Tinggi.

 

Acara dilaksanakan pada hari Selasa (02/02/2021) dan diikuti oleh 50 peserta pelaku bisnis. Materi yang disajikan mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran, Digital Branding serta Pemanfaatan Media Sosial yang disampaikan langsung oleh para dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, yakni Dewi Ambarsari S.Sos., M.IKom, Alifiah Ghaniyyu W. S.IKom,. M.IKom, dan Martina Shalaty P. S.Sos., M.Si.

 

Kegiatan ini merupakan sumbangsih kami sebagai dosen atau Akademisi di Universitas Mercu Buana untuk masyarakat, dalam hal ini UMKM Pondok Melati Bekasi. UMKM merupakan salah satu tulang punggung sistem ekonomi kerakyatan. Dengan pembinaan UMKM yang baik diharapkan bisa membantu roda perekonomian terus berjalan. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, para pelaku bisnis mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan baru berupa konsep ataupun skill tentang strategi komunikasi pemasaran, digital branding serta pemanfaatan media sosial guna kemajuan usahanya terutama pada masa pandemi covid-19 ini. Dan meskipun kegiatan ini dilaksanakan secara daring, ternyata antusiasme para pelaku bisnis sangat tinggi. Terbukti dengan adanya keikutsertaan beberapa UMKM dari berbagai kota, seperti Magelang, Tegal dan Lampung, ungkap Dewi Ambarsari.

Pada kesempatan yang sama, Juli Selastuti selaku Ketua Komunitas UMKM Pondok Melati Bekasi mengatakan bahwa kegiatan yang diadakan oleh Fikom Universitas Mercu Buana sangat bermanfaat bagi para anggota UMKM, sebab komunitas UMKM memang perlu pengetahuan tentang strategi komunikasi yang baik, digital branding serta penggunaan media sosial yang tepat untuk saat ini. Semoga apa yang telah disampaikan oleh para narasumber dapat kami terapkan sehingga para anggota UMKM Pondok Melati bisa semakin maju dan mampu bertahan pada situasi krisis pandemi ini. Dan berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali oleh Universitas Mercu Buana secara langsung setelah pandemi usai.

 

Dalam sesi tanya jawab, banyak peserta yang memberikan pertanyaan terkait masalah komunikasi, penggunaan digital branding dan pemanfaatan media social, yang membuktikan bahwa peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Bagi para peserta, kegiatan PPM ini sangat berguna karena dapat menambah informasi dan pengetahuan untuk lebih meningkatkan usaha mereka.(hendra/rls)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *