Kajari Kota Tangerang Menyampaikan Duka Yang Mendalam Atas Kejadian Kebakaran Lapas Klas 1A Tangerang

  • Whatsapp
banner 468x60

JURNALISPOS.ID, TANGERANG – Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tangerang I Dewa Gede Wirajana didampingi Kasi Intelijen dan Kasi Pidum Kejari Kota Tangerang menyampaikan duka yang mendalam bagi keluarga korban terbakarnya Blok C2 Lapas Klas 1A Tangerang, Rabu (08/09/2021) pukul 01 45 WIB.

“Usai menerima kabar dari Kasi Intel, Saya langsung perintahkan Kasi Intel dan Kasi Pidum untuk segera membantu pihak Lapas dalam evakuasi para korban,” ujarnya. Sekaligus, tambahnya, Kasi pidum pun segera berkoordinasi ke pihak Lapas untuk memastikan ada tidaknya terpidana dari Kejaksaan Kota Tangerang yang menjadi korban.

Dari informasi terakhir, menurut Dewa Gede Wirajana, ada 81 narapida selamat dan ada 41 orang meninggal. Dari 41 orang tersebut, lanjutnya, narapidana dalam perkara yang ditangani Kejari Kota Tangerang ada 11 orang.

“Secara keseluruhan dari 41 orang narapidana yang tewas, ada 2 Warga Negara Asing (WNA) dari Afrika Selatan dan Portugal,” ujarnya.

Artinya, Dari 41 narapidana yang tewas, 1 napi terlibat perkara teroris (Poso), 1 napi perkara tipikor, 1 napi terlibat perkara pembunuhan dan sisanya (39) terlibat narkotika. “Napi yang ada di Lapas klas 1 A Tangerang sepengetahuan kami merupakan napi yang sudah putus perkaranya dan memiliki kekuatan hukum tetap. Perlu diingat juga bahwa Lapas Kelas 1 A ini diisi oleh napi dengan pemidanaan lebih dari 5 tahun,” ujarnya.
.
Kejadian kebakaran yg terjadi di lapas klas 1 A tangerang merupakan suatu tragedi yang pernah terjadi di Lapas Tanjung Gusta Sumatera Utara. Karenanya, Kementerian Hukum dan HAM sudah membentuk dan menunjuk lima tim untuk mengidentifikasi kejadian tersebut. Bahkan Kapolda Metro Jaya pun sudah meninjau langsung lokasi kejadian.

“Biarkan tim bekerja untuk mengidentifikasi, mengungkap dan melakukan penyelidikan terkait kebakaran di Lapas Kelas 1A Tangerang. Kami pun turut prihatin atas kejadian itu (-kebakaran),” tutup I Dewa Gede Wirajana. (Nean) 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *