Rumah Janda 6 Anak Tidak Layak Huni di Kecamatan Pinang Diperbaiki, Dana Hasil Ngamen Dari Masyarakat

  • Whatsapp
banner 468x60

jurnalispos.id, Kota Tangerang – Hodijah tak kuasa menahan haru. Air mata perempuan lanjut usia warga Kampung Nerogtog RT03/02 Kelurahan Nerogtog, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, itu meleleh karena rumah tidak layak huni yang ditempatinya hampir puluhan tahun ini diperbaiki.

Di selasar kayu di rumahnya, sambil duduk, Hodijah beberapa kali mengucap kalimat hamdalah sebagai bentuk rasa syukur. Sambil terbata-bata, Hodijah  pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada elemen masyarakat yang berniat membantu perbaikan rumahnya yang nyaris ambruk tersebut.

“Alhamdulillah atap rumah hingga dapur yang nyaris ambruk hari ini diperbaiki,” kata Hodijah, Jumat (9/10/2020).

Kondisi rumah janda anak 6 tersebut yang terbuat dari kayu dan bilik bambu ini nyaris ambruk. Apalagi kondisi musim penghujan tiba rumah bocor seperti genangan.

Sejak ditinggal mati suaminya, Hodijah praktis berjuang sendiri memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun seiring berlanjutnya usia, Hodijah yang sudah renta tak bisa berbuat banyak. Ia lebih banyak diam di rumah mengurangi bekerja tukang cuci.

Perbaikan rumah tidak layak huni milik Hodijah dibantu hasil swadaya masyarakat yang menyisihkan penghasilanya. Bantuan perbaikan didasari kepedulian nasib warga yang perlu bantuan tapi tidak mendapat perhatian dari pemerintah.

Mendapatkan informasi tersebut Camat Pinang Kaonang pun datang menyambangi rumah Hodijah. Ia terjun langsung bersama pejabat yang lainya sambil memberikan bingkisan serta dana yang terbungkus didalam amplop.

Dirinya berpesan rumah Hodijah sudah masuk dalam program bedah rumah tahun ini. Namun program tersebut mandeg lantaran imbas virus corona covid-19 sehingga anggaran tersebut dirasionalisasi.

“Anggaran bedah rumah dipangkas oleh Dinas Perumahan Permukiman Kota Tangerang jadi tidak bisa diperbaiki oleh pemerintah,” tegas Kaonang.

Untuk perbaikan saat ini menggunakan anggaran hasil sumbangan-sumbangan dari masyarakat yang peduli terhadapnya.

Lurah Nerogtog Nurhasan pun tidak tinggal diam. Ia pun memberikan sedikit sumbanganya untuk Hodijah. Lantaran kondisi rumah tersebut sudah kurang layak untuk ditempati. (Budi)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *